Orang-orang menjadi begitu luar biasa ketika mereka mulai berpikir bahwa mereka bisa melakukan sesuatu. Saat mereka percaya pada diri mereka sendiri, mereka memiliki rahasia kesuksesan yang pertama (Norman Vincent Peale)

Pageviews last month

Search This Blog

Tuesday 24 January 2012

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERBARU RUANG LINGKUP BIOLOGI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TERBARU


Nama Sekolah             : Sekolah Menengah Atas (SMA) 
Mata pelajaran             : Biologi
Kelas/Semester            : X /Semester 1
Standar kompetensi    : 1. Memahami hakikat Biologi  sebagai ilmu.
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi.

Indikator                                 :
1.      Menjelaskan karakteristik  ilmu biologi
2.      Menjelaskan  apa yang dikaji oleh  ilmu Biologi.
3.      Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain.
4.      Menjelaskan keterkaitan Biologi dengan metoda ilmiah.
5.      Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah.
6.      Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi.
7.      Memberikan contoh masalah  biologi dan cabang ilmu biologi yang  ikut andil membantu menyelesaikan

Alokasi Waktu            : 2  x  45 menit. (1 x pertemuan)
KKM                           : 76

A. Tujuan pembelajaran      :

            Kognitif
1.      Siswa  (A) mampu memberikan contoh (B)  pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah dengan berdiskusi (C)   dengan benar (D).
2.      Siswa (A)  mampu  memberikan contoh (B)  manfaat mempelajari biologi dengan berdiskusi (C)  dengan benar (D).

            Psikomotor
           Pada akhir pembelajaran, siswa (A) dapat;
1.      Menjelaskan (B) karakteristik  ilmu biologi (C)  dengan tepat (D).
2.      Menjelaskan (B)  ranah yang dikaji oleh  ilmu Biologi melalui diskusi tentang Biological Science  Curiculum  Study (C ) dengan tepat (D).
3.      Menunjukkan(B)  kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain melalui diskusi tentang struktur ilmu pengetahuan (C) dengan tepat (D).


            Afektif
           Selama proses belajar, siswa (A) dapat;
1.   Mengikuti (B) pelajaran tentang kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain (C) dengan benar (D).
2.      Melakukan (B) kerja sama dalam kelompok (C) dengan aktif (D).
B. Materi Pembelajaran

B.1. Materi Pokok

Ruang lingkup Biologi.
Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya. Biologi  merupakan ilmu yang mengkaji makhluk hidup dengan segala permasalahannya. Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik  yang sama dengan ilmu sains lainnya.  Ruang lingkup biologi meliputi objek biologi dan permasalahannya dari berbagai tingkat organisasi kehidupan (sel, jaringan, organ, sistem organ, individu,populasi, komunitas, ekosistem, biosfer).  Biologi menentukan perkembangan teknologi.

    Metoda ilmiah.
     Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu Biologi digunakan metoda ilmiah.  Para ilmuwan dalam menyelesaikan masalah harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah.

B.2. Uraian Materi
       (Terlampir)

B.3. Lembar Kerja Siswa
        (Terlampir)

C.    Metode Pembelajaran
1.      Diskusi kelompok
2.      Metode ceramah plus diskusi dan tugas (CPDT)

D.    Langkah-langkah Pembelajaran:

No
Kegiatan
PBKB
Waktu
I
Kegiatan Awal (Pendahuluan)

10 Menit
1
Memberi salam dan berdo’a.
Religius
4
2
Mengabsen siswa

2
3
Menyampaikan tujuan pembelajaran

2
4
Mengkaitkan kondisi dengan materi yang akan dipelajari

2
II
Kegiatan Inti

55 Menit
Elaborasi


1
Melakukan pengamatan kegiatan yang berkaitan dengan ruang lingkup biologi
Rasa Ingin Tahu
10
Eksplorasi


2
Diskusi tentang karakteristik  ilmu biologi di antara ilmu sain lainnya
Komunikatif
15
3
Menggali informasi dari berbagai sumber informasi tentang manfaat mempelajari ilmu biologi terhadap dirinya dan lingkungannya dalam kehidupan
Rasa Ingin Tahu
10
4
Menganalisis kedudukan ilmu biologi dengan ilmu lain menggunakan diagram/charta keilmuan
Rasa Ingin Tahu
10
Konfirmasi


8
Membahas jawaban análisis dan melakukan tanya jawab

10
III
Kegiatan Akhir

25 Menit
1
Membuat rangkuman

10
2
  • Mereview materi Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.


3
3
Siswa menyelesaikan latihan secara individu

10
4
Do’a penutup
Religius
2



E.   Sumber Belajar  :  Buku yang relevan

Sumber               :   Buku Paket Esis
Alat                    :   OHP/Komputer/LCD, VCD/CD player, alat tulis, papan tulis.
Bahan           :  LKS Quantum Kelas IX, Penerbit; Penta Karya Mandiri, Tahun 2010: Solo, bahan presentasi,gambar-gambar masalah biologi, charta keilmuan, Buku   kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis, Buku Biologi X Dyah aryulina dkk, Esis Bab I, Epsilon Grup.(2009). Sumber Soal Biologi SMA. Bandung: Epsilon Grup., Tersedia pada:   http://biologi_gonzaga.com diakses pada tanggal 3 Desember, pukul 15.00 wib.

F.  Penilaian               :

  1. Kisi-kisi
Indikator
Jenis tagihan
Bentuk tagihan
Nomor soal
1.   Menjelaskan karakteristik  ilmu biologi
2.   Menjelaskan  apa yang dikaji oleh  ilmu Biologi.

Tulis

Jawaban uraian
1
2. Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.

2
3. Menjelaskan keterkaitan Biologi dengan metoda ilmiah.
4. Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah.


3
    5. Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi.

4
6. Memberikan contoh masalah  biologi dan cabang ilmu biologi yang  ikut andil membantu menyelesaikan

5

2. Instrumen
Soal Uraian
1. Biologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup memiliki karakteristik khusus yang membedakan dengan ilmu pengetahuan lain. Jelaskan karakteristik tersebut dan apa yang dikaji dalam ilmu Biologi!
2.  Biologi memiliki kedudukan dan keterkaitan dengan ilmu lain. Tuliskan 3 contoh yang menunjukkan biologi memiliki keterkaitan dengan ilmu psikologi, kimia dan kedokteran!
3.  Biologi memiliki keterkaitan dengan metoda ilmiah. Jelaskan pernyataan tersebut dan tuliskan satu contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah!
4.  Tuliskan tiga contoh manfaat mempelajari ilmu Biologi!
5.  Tuliskan 3 contoh masalah  biologi dan cabang ilmu biologi yang  ikut andil membantu menyelesaikan


3. Kunci Jawaban
Jawaban  Soal Uraian
1.       Ilmu biologi berbeda dengan ilmu pengetahuan lainnya berdasarkan objek yang dipelajarinya. Objek yang dipelajari dalam ilmu biologi adalah makhluk hidup dari makhluk uniselluler sampai multiselluler.
Objek dan kajian Biologi yang begitu luas dikelompokkan menjadi beberapa kelompok meliputi tumbuhan (plantae), animalia (hewan), virus, monera (bakteri dan Cyanophyta), jamur (Fungi) dan protista.
2.       Hubungan ilmu biologi dengan yang lain :
1. Kimia, karena semua yang ada pada mahluk hidup adalah unsur dan senyawa kimia
2. Psikologi, banyak mempelajari tentang otak manusia
3. Kedokteran, Pertanian, dan Ekosistem
3.       Biologi memiliki keterkaitan dengan penelitian ilmiah. Penelitian akan berhasil dengan baik apabila dilakukan sesuai dengan struktur metode ilmiah. Sruktur metode ilmiah memiliki beberapa langkah yang terdiri dari:
a. perumusan masalah
b. pembuatan kerangka berfikir
c. penarikan hipotesis
d. pengujian hipotesis, dan
e. penarikan kesimpulan.

Contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah :
Ari mengamati bahwa daun padi, jagung, sirih, cengkeh, jambu air, jambu biji, serta mangga, semuanya berwarna hijau. Hasil observasi yang di tinjaklanjuti dengan penelitian, ari menemukan bahwa semua daun tersebur mengandung zat hijau daun atau klorofil. Simpulan berdasarka logika induksi adalah ”semua daun berwarna hijau mengandung klorofil”. Berdasarkan data empiris dapat ditarik kesimpulan yang bersifat umum, yaitu semua daun berwarna hijau mengandug klorofil.

4.       a. Dapat memproduksi produk fermentasi (tempe, tape, dan alcohol), produk vaksin dan obat, dll.
b. Dengan ilmu Biologi kita dapat memanfaatkan hewan dan tumbuhan untuk sumber pangan dan pelestarian tumbuhan.
c. Dengan ilmu Biologi kita dapat mengetahui penyebab penyakit dan pencegahannya.
5.       a. Taksonomi adalah ilmu yang mempelajari pengelompokkan makhluk hidup.
b. Ornitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan burung.
c. Botani adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk tumbuhan dan kehidupannya.

4. Rubrik Penilaian
      1. Kognitif
Kriteria Soal Nomor 1 s.d 5
Skor
Jawaban benar dan lengkap
Jawaban benar, kurang lengkap
Jawaban salah.
Tidak menjawab 
4
3
1
0

      2. Afektif
NO
Kriteria Rasa Ingin Tahu
SKALA
1 2 3 4 5
1
Memperhatikan pelajaran

2
Merespon jawaban

3
Kurang  memperhatikan

4
Tidak merespon jawaban

5
Tidak memperhatikan


NO
Kriteria Komunikatif
Ya/Tidak
1
Sangat aktif  berdiskusi

2
Aktif  berdiskusi

3
Kurang aktif  berdiskusi

4
Tidak aktif diskusi


3. Psikomotor
NO
Kriteria
RENTANG SKOR
1.
Ketepatan menjelaskan karakteristik  ilmu biologi
1-5
2.
Ketepatan menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain
1-10
3.
Percaya diri
1-5


5. Pedoman Penilaian
           1. Kognitif
a. Jumlah skor maksimal         = 5 X 4  = 20
            b. Nilai maksimal                    = 100
            c. Nilai                                     = Skor perolehan : skor maksimal X 100

2. Afektif
a. Jumlah skor maksimal:
    Rasa Ingin Tahu      = 3 X 5 =  15
    Komunikatif            = 1
            b. Nilai maksimal                    = 16 (A)
            c. Nilai                                     = 4-7 (D), 8-11 (C), 11-13 (B), 13-16 (A)
           
3. Psikomotor
a. Jumlah skor maksimal         = 40
            b. Nilai maksimal                    = 100
            c. Nilai                                     = Skor perolehan : skor maksimal X 100
           
            Nilai Akhir      = 40% Nilai Kognitif + 60% Nilai Psikomotor


Jakarta, 17 Desember  2011
Mengetahui                                        
Kepala SMA                                                               Guru Mata Pelajaran



Dr. H.  I  Gusti  Gede  Amat                                      Ambar Wulan Sari S.Si
NIP : 195708151984031005                                      NIP.  Pin  17 A 1 A 287

No comments:

Post a Comment